Tentang Olimpiade Metrologi

Metrologi adalah ilmu yang mempelajari masalah pengukuran. Pengukuran di sini hanya yang berkaitan erat dengan perindustrian. Dalam bidang perindustrian biasanya banyak melibatkan ilmu pengetahuan keteknikan. Pengukuran di bidang keteknikan itu tidak hanya menyangkut pengukuran panjang saja, tetapi juga menyangkut pengukuran suara/bunyi, getaran, tekanan, tegangan, gaya, puntiran, usaha, kecepatan aliran zat cair dan temperatur.

Metrologi industri lebih mengkhususkan pada pengukuran geometris suatu produk dengan cara dan alat yang tepat sehingga hasil pengukurannya mendekati kebenaran dari keadaan yang sesungguhnya.

Batasan Metrologi Industri : masalah-masalah: geometris suatu produk, pengukuran panjang dengan berbagai bentuk, pengukuran sudut dengan berbagai bentuk, dan disinggung pula sedikit mengenai kontrol kualitas.

Latar Belakang

Sebagian besar negara maju atau negara yang berkembang saat ini semakin menyadari pentingnya penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Suatu industri didirikan dengan tujuan untuk membuat suatu produk yang di butuhkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam hal ini kedudukan industri sebagai produsen dan masyarakat berkedudukan sebagai konsumen. Kesesuaian antara produk yang di hasilkan dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh konsumen adalah kualitas yang berupa bentuk, warna, dan ukuran.

Salah satu spesifikasi yang sering digunakan dan berpengaruh besar adalah ukuran dan ukuran yang dimaksud dalam permesinan adalah ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Penerapan ukuran ini di terapkan dalam semua hal di pemesinan terutama dalam elemen-elemen mesin yang di butuhkan. Maka dalam menghasilkan barang-barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen, barang harus mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan produk buatan luar negeri. Seiring dengan hal tersebut maka di perlukan tenaga professional yang benar-benar menguasai dalam menggunakan peralatan pengukuran di samping menggunakan peralatan mesin yang bekerja di dalam dunia industri.

Oleh karena itu, kualitas tenaga ahli terutama seorang pendidik dalam pendidikan kejuruan akan sangat mempengaruhi sejalan dengan tujuan pembangunan di segala sector negara ini. Tetapi, selama ini masih jarang lembaga atau instansi yang mengadakan event sebagai tolak ukur kemampuan peserta didik kejuruan untuk mengetahui kemampuan yang sudah dimiliki oleh peserta didik dalam menerima ilmu yang telah di pelajari dari seorang pendidik. Sebagai implementasi atau perwujudan dari tujuan tersebut maka Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT UM bermaksudmerealisasikan event tersebut dengan mengadakan Kegiatan Olimpiade Metrologi Industri SMK Tingkat Nasional Tahun 2016.

Tujuan

  1. Dapat mengelola laboratorium pengukuran baik yang ada di industry maupun dibengkel kerja pada pendidikan ketrampilan teknik.
  2. Dapat menggunakan dan membaca skala alat-alat ukur dengan tepat dan benar.
  3. Dapat menentukan dan memilih alat-alat ukur yang tepat sesuai dengan bentuk dari obyek yang akan diukur.
  4. Dapat mengkalibrasi dan memelihara alat-alat ukur sehingga alatalat ukur tetap terjamin ketepatannya bila digunakan untuk pengukuran.
  5. Memiliki pengetahuan tentang sumber-sumber penyimpangan pengukuran dan dapat menentukan bagaimana caranya mengurangi seminimal mungkin penyimpangan tersebut.
  6. Dapat merendahkan biaya inspeksi semurah mungkin dengan penggunaan fasilitas yang ada secara efektif dan efisien.
  7. Dengan menguasai pengetahuan tentang kontrol kualitas, maka dapat membantu peningkatan produktifitas hasil kerja, baik hasil kerja dibidang pendidikan ketrampilan teknik maupun dibidang peridustrian.

Ilmu pengetahuan lain yang dapat menunjang dalam mempelajari metrology industri antara lain adalah matematik, fisika dan statistik. Ada beberapa istilah yang sering terkait dalam masalahpengukuran antara lain yaitu: ketelitian, ketepatan, ukuran dasar,toleransi, harga batas, kelonggaran.