Arak-arakan Wisudawan Mesin 2016

RAYAKAN WISUDA, MAHASISWA MESIN ARAK ARAK ARA WISUDAWAN

Beberapa pekan yang lalu telah dilangsungkan wisuda di kampus kita tercinta. Siapa sih yang ngak tahu apa itu wisuda? Pasti kalian tahu semua kan. Wisuda merupakan momen sakral dimana hanya dilakukan oleh para mahasiswa yang dinyatakan lulus dari perguruan tinggi, Universitas Negeri Malang Salah satunya. Ratusan mahasiswa merayakan wisuda kelulusannya di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang kemarin Sabtu, 27 Februari  2016. Prosesi wisuda ini dihadiri oleh rektor UM, dekan, dosen, serta orangtua mahasiswa. Diantara ratusan wisudawan, Fakuktas Teknik di berbagai universitas terkenal sangat keras dan susah untuk lulus. Tapi jangan sampai kuliah kita-kita molor ya rek, kasihan orang tua dirumah. Diantara beberapa jurusan di Fakultas Teknik, jurusan Teknik Mesin yang katanya prosentase  kelulusan mahasiswanya bisa dibilang sedikit sih, tetapi jika kita mau berusaha segiat mungkin kita bisa menyusul kakak kita tercinta naik podium wisuda, Amiin.

Untuk meluapkan kebanggaan memiliki kakak tingkat yang sudah melangkahkan kakinya di dunia luar kampus, beberapa mahasiswa Teknik Mesin menyambut wisudawan dengan melakukan Arak arakan. Maklum sih peserta penyambutan tidak semeriah dan seramai seperti Universitas lain, karena penyambutan ini adalah kegiatan perdana dari kita. Walaupun ini kegiatan perdana jangan ditanyakan lagi kemeriahanya rek, respon seluruh orang yang berada di luar gedung graha cakrawala sangat luar biasa positif. Mereka antusias sekali melihat arak-arakan yang dilakukan beberapa mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ini, Good job lah rek.

Kemeriahan penyambutan wisudawan ini jangan ditanya lagi so pasti meriah, dimana mahasiswa jurusan Teknik Mesin menjadi pusat perhatian banyak orang yang disana. Pada acara arak arakan penyambutan para wisudawan, mereka mulai berkumpul pada pagi hari di sekretariat Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT UM.

Sebelum memulai arak arakan, mereka mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memeriahkan acara tersebut seperti membuat yel-yel, jargon, dan posisi baris berbaris agar kelihatan serasi. Segala persiapan ini dilakukan oleh semua mahasiswa yang menjadi peserta arak-arakan dan dipelopori oleh Bidang Bakat Minat HMJ TM FT UM.

Tepat pukul 10.45 WIB peserta arak-arakan bersiap untuk menyambut para wisudawan. Mereka berbaris menuju gedung Graha Cakrawala UM dari masjid Al hikmah dengan mengibarkan bendera bendera Kebanggaan kita jurusan Teknik Mesin untuk memperlihatkan identitas kita sebagai mahasiswa Mesin. Suara riuh yel-yel atau pun jargon-jargon kebanggaan terdengar sangat keras dengan kompak menujukkan sehingga menjadi pusat perhatian orang yang berada di sekitar. Sampai di depan gedung Graha Cakrawala, mereka menunggu para wisudawan dengan berbaris secara rapi serta suara semangat yang terdengar sangat kompak.

Tak lama kemudian 4 dari puluhan wisudawan jurusan teknik mesin keluar dari gedung Graha Cakrawala UM, mereka menyambutnya dengan bersalaman dan tos. Kemudian para wisudawan dibawa menuju parkiran gedung di Fakultas FMIPA dengan berbaris secara  rapi serta jargon ataupun yel yel yang terdengar keras. Sampai parkiran depan gedung Fakultas FMIPA, mereka melakukan upacara yang merupakan titik puncak dari acara penyambutan para wisudawan. Mereka berbaris membentuk lingkaran besar mengitari para wisudawan dengan mengibarkan bendera Merah putih dan Bendera Kebanggaan Kita  disertai nyanyian lagu Solidarity Forever yang menunjukkan betapa hebatnya sebuah makna “Solidarity Forever” Terlihat warna warni di udara berasal dari smoke boom yang menyala sangat indah sehingga membuat acara ini semakin meriah. Tak lupa sesi foto juga menjadi bagian dari acara ini. Untuk rencana kedepan akan tetap dilaksanakan acara penyambutan wisudawan Jurusan Teknik Mesin yang lebih meriah lagi karena kita satu, karena kita “keluarga”, we are Mechanical enginering.