Kajur CUP 2016

Himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang menggelar turnamen futsal antar program studi di jurusan Teknk Mesin. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang pertama kalinya diadakan oleh HMJ Teknik Mesin FT UM. Turnamen futsal ini diadakan selama dua hari yaitu Sabtu, 2 April 2016 dan Minggu 3 April 2016 yang bertempat Lapangan Olimpico Futsal, Jalan Bendungan Sutami 37F Malang.

Selain menyalurkan bakat dan hobi futsal untuk mahasiswa jurusan Teknik Mesin, turnamen ini bermaksud untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antar mahasiswa jurusan Teknik Mesin FT UM. Pertandingan diikuti oleh 20 Tim Futsal dari antar offering masing masing program studi yang ada di  jurusan Teknik Mesin FT UM. Dalam permainan Futsal sportivitas dan kerjasama merupakan kunci sukses dalam permainan. Sebuah tim tidak akan menang atau menjadi juara apabila dalam permainan tidak ada saling kerjasama. Apalagi ketika ego para pemain sudah dikedepankan, sudah pasti masalah akan muncul.

Oleh karena itu perlu adanya kemampuan beradaptasi untuk  menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sosial. “Dengan kegiatan futsal kita mencoba membangun pemahaman dan kesadaran dalam diri mahasiswa untuk membangun nilai kebersamaan, serta menjalin komunikasi antar mahasiswa” tutur Awang Ketua Pelaksana Kegiatan.

Turnamen dilaksanakan selama dua hari, hari pertama diadakan babak penyisihan dan hari kedua dilaksanakan babak semi final dan dilanjutkan dengan babak final. Hari pertama, Turnamen Futsal dimulai dengan pertandingan perdana pukul 12.00 wib, antara tim dari prodi Ilmu Informasi Perpustakaan dan Komunikasi (IIPK) TM 2013 dengan prodi Sastra Indonesia TM 2014. Selama Pertandingan tersebut berlangsung meriah dengan banyaknya antusias dukungan dari para suporter masing masing tim yang berdatangan. Pada Turnamen Futsal Hari pertama menyisihkan 8 tim yang lolos, diantaranya tim Kawi FC, Mantan Baperan FC, Doa Mahmud FC, SA3 FC, B one FC, Awan FC, Baracuda FC dan.    Hari Kedua Sabtu (11/4) dimulai pukul 08.00 WIB dari tim Baracuda FC melawan Mantan Baperan FC yang berlangsung meriah. Setelah itu beberapa tim melewati pertandingan antar tim sampai semifinal.

Tiba saatnya pertandingan final antara tim Mantan baperan FC  dengan Awan FC yang berlangsung pukul 11.30 WIB. Dengan sorakan dukungan para penonton yang semakin banyak berdatangan membuat pertandingan ini semakin meriah. Setelah beberapa menit kemudian dari tim Mantan Baperan FC mencetak gol pertama ke gawang Awang FC. Gol tersebut di cetak oleh pemain tombaknya Mantan baperan yaitu Okta Angga.Dari Tim Awan FC tidak mau kalah, mereka mencoba mencetak gol ke gawang Mantan Baperan FC. Tak lama kemudian,  Tendangan kencang dari striker Awan FC ke arah gawang Mantan Baperan FC dan sayang sekali di tepis oleh kiper terhebat Mantan Baperan FC. Kemudian Tim Mantan Baperan FC menyerang Tim Awan FC dan Gol yang dicetak pemain yang bernama Dino yang barusan masuk ke lapangan. Pertandingan berlangsung sengit antara pertempuran tim Awan FC dan Mantan Baperan FC. Suara peluit kencang sebanyak tiga kali menandakan pertandingan sudah berakhir, hasil pertandingan Awan FC dan Mantan Baperan FC telah berakhir dengan skor 6 o. Tim Mantan Baperan menjadi juara yang pertama KAJUR CUP tahun ini  serta mendapatkan hadiah uang sebesar 750 ribu. Kemenangan dari Tim Mantan baperan FC merupakan hal yang sangat membanggakan. Juara dua serta hadiah uang sebesar 500 ribu dipegang oleh tim Awan FC. Walaupun Tim Awan FC kalah dalam pertandingan final mereka tetap senang bisa melawan tim hebat Mantan Baperan FC dan akan berjanji menjadi juara pertama KAJUR CUP tahun depan.

Setelah pertandingan final selesai, acara penyerahan Trophy dan penghargaan kepada kedua tim yang menjadi juara pertama dan juara kedua. Ketua Jurusan Teknik Mesin yang menyerahan trophy dan penghargaan tersebut. Ketua Jurusan berharap ajang ajang seperti ini terus diladakan dan dikembangkan guna mencari bakat minat potensi mahasiswa.